All posts filed under ‘Thoughts

Istighfar

Jadi ceritanya, kalau saya ngga langsung sholat pas denger adzan, Mama selalu nyuruh saya istighfar. Tapi entah kenapa tiap saya istighfar Kakak saya malah ketawa dan si Mama juga ikutan mau ketawa. Mungkin karena saya istighfar-nya dengan muka datar tanpa merasa dosa. Entahlah. Mama: Sholat dulu udah adzan, istighfar, banyak setannya kalau males gitu Saya: *sambil main […]

Setahun kerja, ngapain aja? (II)

Sebelum baca ini, ada baiknya baca “Setahun kerja, ngapain aja” bagian pertama. Jadi di bulan kedua atau ketiga saya melakoni peran saya sebagai Apprentice, saya mulai merasa jenuh, lalu timbul pertanyaan “Masa kuliah susah-payah, kerjanya cuma gini doang sih?”. Semacam merasa di-sia-sia-kan, karena sebenarnya saya bisa melakukan lebih dari sekedar apa yang ditugaskan ke saya […]

The Paradox of Choice

One thing I learned in my second year of living alone in this big city is that too many options will make you exhausted. On what to wear today, should I drive or just ride Ojek, what Ojek should I call; Uber, Grab or Gojek, what to eat for breakfast, for lunch, for dinner and […]

Tentang sebuah kehadiran

Bulan Agustus lalu Mama akhirnya berangkat untuk menunaikan ibadah haji, sendirian. Iya sendirian, dan selalu jengkel ketika ada yang bertanya, “kenapa kok ngga ditemenin Mama-nya?” seakan-akan saya anaknya ngga mau banget direpotin untuk sekedar menemani Mama berangkat haji. Bukan perkara mau atau tidak, tapi memang aturannya tidak semudah itu; ingin menggantikan “jatah” almarhum Papa itu ngga bisa, […]

xtra achiever

On Being an Xtra Achiever

I note this as a special occasion post, so I will do it in English. It was last Friday when my uh-so-great-and-lovely team was gathered to something called Uncommon Friday meet up. Basically, Uncommon Friday was HR program which used to happen every month, but I don’t know, seems like they don’t run it anymore, […]

setahun kerja, ngapain aja?

Setahun kerja, ngapain aja?

Satu-dua tahun yang lalu saat masih kuliah, rasanya ingin sekali cepet lulus. Ingin cepat masuk ke dunia kerja meski sebenarnya was-was juga penasaran: sebenarnya kerja itu ngapain aja sih? Takut ngga bisa, takut terlihat bodoh, takut dimarahi bos kayak di film-film, takut kena pecat, dan sebagainya. Tapi ternyata, bekerja tidak semenyeramkan itu. Bahkan cenderung seru dan menyenangkan. Setidaknya sampai […]

Mudik

Akhirnya mudik, lagi! Setelah dua tahun belakangan saya sekeluarga vakum melakukan ritual mudik ke Sumatera, alhamdulillah tahun ini kami diberikan rezeki dan kesempatan lagi untuk mudik asik ke Desa kelahiran Mama. Bersemangat dan akan selalu begitu setiap akan berangkat. Entahlah, saya dan kedua saudara saya sejak kecil selalu bersemangat ketika tahu bahwa kami akan melakukan perjalan mudik sekeluarga. Meski […]

Kostan 101 : Jakarta Selatan

Setelah dalam tiga bulan terakhir saya sudah dua kali pindah kostan, akhirnya saya sadar bahwa mencari kost-kostan itu bukan perkara mudah. Semua orang juga tahu bahwa mencari tempat tinggal, baik rumah ataupun kostan atau apapun itu pada dasarnya akan menjadi mudah ketika sumber daya yang kita miliki lebih leluasa, misalnya uang. Sayangnnya sebagai anak baru […]

Menemukan (Buku) Yang Tepat

Sejak kecil saya selalu menuliskan ‘membaca’ pada setiap kolom formulir yang menanyakan tentang hobi. Meski saat itu saya belum betul paham apakah kegiatan membuka-buka koran untuk melihat gambar-gambar besar penuh warna dari sebuah iklan dan beberapa kolom editorial, juga menikmati komik Captain Tsubasa, Dragon Ball, dan Kungfu Komang bisa ditulis sebagai hobi membaca. Yang saya tahu, […]

Well-Scripted

Bulan April lalu saya dipromosikan ke tempat yang baru di kantor, dan surprisingly, saya malah ketemu dengan seseorang yang menjadi teman pertama saya di bangku Sekolah Dasar dulu, yaitu Nashif. Jadi ceritanya, dulu saya sempat bersekolah di kota Malang walaupun cuma sebatas satu caturwulan atau kurang lebih tiga bulan. Dan di sekolah itu lah saya bertemu Nashif, […]