Samsung Galaxy S7

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka dengan smartphone berukuran besar, jadi walaupun kemarin akhirnya kepincut dengan Galaxy Note 5, dalam hati sebenarnya masih berharap ada versi kecil dari seri note kelima itu.

Nah, bulan Februari kemarin dalam event MWC di Barcelona, Samsung untuk pertama kalinya memperkenalkan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Awalnya dalam bayangan saya sih, Samsung Galaxy S7 ini akan lebih mirip dengan seri pendahulunya, Samsung Galaxy S6, tapi ternyata Samsung Galaxy S7 justru mengusung desain yang sama dengan Samsung Galaxy Note 5 —mulai dari material metal and glass yang digunakan, sampai desain ergonomis-nya— tapi dengan performa yang jauh lebih baik. Iya, itu artinya, harapan saya akan kemunculan versi kecil Note 5 jadi kenyataan.

Banyak yang bilang bahwa seri ketujuh dari lini Galaxy S ini cuma sekedar update minor terhadap seri pendahulunya. Saya yang ngga pernah bisa menelan mentah-mentah apa kata orang ini jadi penasaran. Akhirnya setelah Googling sana-sini, dan menonton ulang Galaxy Unpacked 2016 di Youtube, saya malah jadi makin penasaran dan jadi pengen punya Gear VR-nya juga. Tapi ibarat kata pepatah: there is a way if there is a will, suatu hari salah seorang rekan di kantor saya tiba-tiba datang ke kubikel, dan menunjukan smartphone yang ada di tangannya: Samsung Galaxy S7. Sa-dis.

Dari penampilan fisiknya, meski terlihat sangat mirip dengan Galaxy Note 5, ternyata Samsung Galaxy S7 ini jauh lebih nyaman di tangan, terasa lebih pas di genggaman tangan. Ternyata setelah saya amati lebih jauh lagi, di Samsung Galaxy S7 ini sudut-sudutnya dibuat jauh lebih halus dibandingkan Note 5, kameranya juga ngga terlalu menonjol seperti di seri sebelumnya. Material dan desainnya bener-bener ngga cuma enak dilihat, tapi juga enak dipegang. Seksi.

Samsung Galaxy S7

Galaxy S7

Performa ngga usah ditanya, flawless banget; dan semua terasa jadi sempurna ketika performa mumpuni dikombinasikan dengan layar luas dan warna yang cantik. Oiya, bicara soal cantik, saya jadi mau bahas kamera dari smartphone ini.

Kamera yang ada di Samsung Galaxy S7 ini selain mengusung teknologi dual pixel, juga memiliki apperture sebesar 1.7, artinya cahaya yang ditangkap akan lebih banyak karena bukaan lensa yang besar. Lensa kamera DSLR yang saya punya, paling besar bukaannya cuma 1.9. Awalnya belum kebayang akan seperti apa hasil dari kamera dengan bukaan sebesar itu, dan setelah dicoba sekali-dua kali capture, seketika saya yakin, kamera smartphone terbaik saat ini, ada di Samsung Galaxy S7. Serius.

Samsung Galaxy S7 review

slot SD Card Samsung S7

Bayangin aja, kamera di Samsung Galaxy S7 ini bisa mengambil fokus dengan tepat dalam waktu yang sangat cepat. Selain itu, efek dari bukaannya yang super besar itu membuat Depth of Field (DOF) ketika mengambil objek dekat jadi semakin sempit. Hasilnya jadi cantik banget, bokeh-nya itu lho bikin geregetan.

Saya sempat mencoba berkreasi dengan hasil DOF dari kamera Samsung Galaxy S7 ini dengan sebuah bola dan sebuah kertas HVS yang saya temukan di meja saya. Hasilnya ajaib, bikin bola tadi seolah melayang. Bahkan ada teman saya yang mengira bola itu bukan bola sungguhan, melainkan hasil software 3D.

Galaxy S7 hasil kamera

Galaxy S7 camera result

Sebagai orang yang menikmati fotografi dan traveling, saya rasa Samsung Galaxy S7 ini adalah all in one package. Yang pasti, dengan sebuah smartphone yang memiliki kamera yang luar biasa, slot microSD, fitur Motion Panorama, baterai berkapasitas besar (3000mAh), capless underwater capability (tahan air sampai dikedalaman 1.5 meter selama 30 menit), sampai fitur fast charging ini, akan membuat setiap perjalan akan lebih berkesan.

Ngga akan ada lagi dokumentasi dan momen yang terlewatkan; mau pagi atau malam hari, mau gunung, pantai atau lautan, semuanya akan terekam dengan sangat baik. Ngga lagi perlu bawa-bawa action cam atau kamera-kamera lain yang malah bikin bawaan tambah berat cuma untuk bisa ambil gambar dalam air, ngga perlu takut kehabisan memori, dan ngga perlu takut harus ngecas melulu.

So.. yes, Samsung Galaxy S7 will make your journey to the next level, obviously.

Buat yang masih penasaran tentang Samsung Galaxy S7, bisa baca update terbaru dan info lebih lanjut tentang Samsung Galaxy S7 di Official Site, ya.

star star star star star

 

Leave a Reply