Review
comments 11

Sony A6000 x Sigma Art Lens 19mm

Bukan, ini bukan review mirrorless Sony A6000 ataupun Sigma Art Lens 19mm. Kali ini saya hanya akan sedikit berbagi cerita tentang gear yang sekarang menjadi bawaan saya sehari-hari dan beberapa contoh dari hasilnya. Oiya, jadi ceritanya selepas dari sistem Fujifilm, saya beralih ke sistem Sony. Sempat akan mengambil seri RX100 tapi mengingat kejadian kemarin dengan kamera yang tidak dapat diganti lensanya, saya memutuskan untuk mengambil seri A6xxx paling lawas, yaitu A6000.

Beberapa alasan kenapa pilih Sony A6000:
  • Sekarang udah murah harganya
  • Autofocus yang sangat cepat
  • Tracking focus yang akurat dan cepat
  • OLED electronic view finder
  • Wifi + NFC

Dan untuk saat ini, body A6000 saya pasangkan dengan Sigma Art Lens 19mm karena sebenarnya dengan Fuji X70 kemarin saya sudah sangat nyaman dengan focal length di range sekitar 19mm. Kenapa Sigma? Well— karena berdasarkan review ternyata lensa-lensa Sigma merupakan salah satu yang terbaik untuk mounting kamera Sony, bahkan ketajamannya sedikit lebih baik dibanding lensa merek Sony (bahkan Zeiss!) itu sendiri.

f2.8 / sambil jalan / hand-held

f7.1 / dari balik kaca gedung / hand-held

zoomed 100% / jarak 1 km

f2.8 / hand-held

f2.8 / hand-held

zoomed 100%

f5.6 / dari dalam kaca gedung / hand-held

zoomed 100% / jarak 2 km tulisan tokopedia kelihatan jelas

f2.8 / hand-held

f5 / hand-held

zoomed 100%

Jujur saya sebenarnya masih meraba-raba settingan yang pas dengan kamera dan lensa ini, jadi beberapa gambar menurut saya hasil dan warnanya belum maksimal. Tapi dengan kondisi seperti itu, saya cukup surprised sih dengan hasilnya. Maksudnya, ini tajem banget lho detailnya. Apalagi ketika digunakan di bukaan f5 ke atas. Kalau dilihat dari body-nya yang mungil dan harganya yang cukup terjangkau, saya rasa lensa Sigma seri Art ini sangat memuaskan. Selanjutnya mungkin saya akan ambil lensa dengan score dxomark tertinggi untuk mounting Sony, yaitu Sigma 30mm 1.4.

Happy weekend!

11 Comments

  1. Saya juga ganti ke A6000 dengan alasan yang sama, harga udah terjangkau. Sebelumnya pakai DSLR Canon dan berurutan pindah ke mirrorless Canon EOS M10 dan EOS M3. Impresi pertama pakai Sony, hasil gambarnya tidak secerah Canon namun lebih detail dari Canon. Sony ini menurut saya lebih dark gitu ya hasil fotonya.

    • Sure. I like this camera and would definitely recommend getting one for the beginner. Even though the menu interface isn’t the easiest to understand, it’s still the best bang for buck beginner camera.

  2. buat kualitas video juga pernah baca-baca kalo kamera ini worth to buy, lebih suka sama hasil warnanya sony, itupun karena emang belum pernah nyoba fujifilm dll

  3. Pingback: Sigma 30mm f/1.4 - ampersand

Leave a Reply