Kelas Internasional

Ternyata begini ya rasanya masuk kelas internasional, haha. Jadi sebenarnya Saya dulu punya pengalaman buruk dengan kelas internasional. Ketika Saya baru pindah ke Bandung, dan ingin mendaftarkan ke kelas internasional di SMAN 3 Bandung. Selangkah lagi, iya selangkah lagi, Saya mungkin bisa jadi siswa kelas internasional tersebut, sayangnya, rapot dan berkas-berkas masih ada di SMP, which is di kota Sidoarjo. Iya, Sidoarjo yang six-hundred-something-kilometers itu! Tsah!

Balik lagi ke Kelas Internasional— Jadi minggu lalu Saya diterima di kelas internasional prodi teknik industri. Setelah melalui berbagai tes (sebenernya nggak berbagai juga sih), akhirnya diumumkanlah 30 orang yang akan masuk ke kelas dengan kode TI-35-INT ini. Dan Saya, —alhamdulillah— ada di dalamnya bersama dengan 9 orang lainnya dari kelas saya.

Jadi, apa aja sih benefitnya kalau kita jadi ‘Mahasiswa Internasional’ di PRODI Teknik Industri IT Telkom ini? Nah, dari yang saya dapatkan sejak awal sosialisasi, tes, dan seminggu di kelas ini, kira-kira inilahbenefit yang akan kita dapatkan :

  • Dengan biaya semester yang sama, kita bisa mendapat fasilitas yang (jauh) lebih baik daripada kelas reguler.
  • Dosen yang benar-benar capable buat dijadikan ‘dosen internasional’. Jadi no doubt deh soal dosen-dosennya, mereka lulusan universitas-universitas terbaik di Amerika dan negara lainnya :)
  • Kelas yang kondusif, hanya 30 orang, dan tidak moving class. Jadi kita tetap stay di satu kelas (bisa ngerjain tugas di kelas, main, diskusi, tanpa terganggu mahasiswa kelas lain yang mau pakai ruangan kita), yang pastinya ruang kelasnya-pun lebih bagus dibandingkan kelas reguler (dispenser, ac, multimedia, dll). Sedangkan kelas reguler mulai dari 40 orang sampai 50 bahkan 60 orang (normalnya 40) dan moving class.
  • Perkuliahan menggunakan full bahasa inggris (yaiyalah)
  • Ada sesi untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris mahasiswanya (diluar jam perkuliahan)
  • Sesi perkenalan budaya internasional (diluar jam perkuliahan)
  • Internship di Multinational Company
  • Exchange
  • Dan yang paling penting, temen-temen dikelas internasional ini rajin-rajin dan asik, jadi ikut kebawa rajin deh :D

Kira-kira begitulah apa yang akan dan sudah kita dapatkan di kelas ini. Nah, buat anak 2012 yang nanti mau masuk kelas internasional juga, prepare yourself dari sekarang deh. Bahasa inggrisnya (khususnya speaking) dibagusin deh, minimal buat wawancara, bikin si penguji terpukau :)

Good Luck

Leave a Reply