Thursday Talk

Entah kenapa sampai detik ini, saya selalu merasa belum bisa sampai di fase mature di ranah Blogging. Ada sifat kekanakan yang muncul ketika bersentuhan dengan blog yang menyebabkan saya belum bisa bertahan pada satu state, satu kondisi, dimana cukuplah disana saya melakukan aktivitas blogging tanpa ada rasa kurang puas, ingin ini-ingin itu, ujung-ujungnya malah tidak produktif dan kemudian melarikan diri dari satu platform ke platform lain. Mirip sekali dengan anak kecil HHH!

Saya akan selalu ingat awal mula mengenal dunia blog sekitar tahun 2007, yang juga menjadi tahun pertama sebuah weblog atas nama agung agriza muncul di dunia internet. Surprisingly, blog itu masih ada ternyata sampai sekarang! Dan dalam salah satu postingannya (padahal memang cuma satu) bahkan saya menuliskan lengkap tanggal dan jam blog itu selesai dibuat 😂

Dan sejak saat itu sahih-lah perkelanaan saya dengan dunia weblog. Sebenarnya saya pernah settle down pada satu kondisi pada tahun 2008 sampai kurang lebih tahun 2010 awal; mungkin karena pada saat itu belum terlalu banyak pilihan, ya, jadi ide-ide ‘kurang-puas, ingin ini-itu’ belum muncul. Di masa itu saya menemukan banyak teman, dunia blogging Indonesia juga sepertinya sedang naik daun bersamaan dengan boomingnya warnet di penjuru negeri. Bahkan saya berkesempatan bertemu dengan Founder dan CEO WordPress Matt Mullenweg di Wordcamp 2.0 di Erasmus Huis pada 2009. Menyenangkan.

Yang saya ingat, saat itu blogger-blogger yang dulu aktif mulai perlahan-lahan mundur teratur dari dashboard mereka. Saya juga. Saya juga tanpa sadar mulai jarang menyentuh dashboard, yang kemudian disadarkan oleh lebih banyaknya tulisan di akun facebook yang saya buat ketimbang di Blog. Smooth banget lho nikungnya Facebook ini.

Tapi ya wajar aja, karena memang Facebook dengan fitur notesnya saat itu memberikan banyak kemudahan dibandingkan blogging, misalnya ketika blogging kita biasa harus blogwalking untuk ngecek ada updatan terbaru dari teman kita atau tidak; nah di Facebook, setiap tulisan baru akan otomatis muncul di timeline. Itu dulu baru Facebook, sekarang ada berapa coba bayangin.

Tapi tetep sih, anggaplah saya sudah blogging sejak 2007, itu artinya sudah 8 tahun lebih saya bermain di ranah ini meskipun labil dan belum mature akan konten dan platformnya, saya selalu yakin bahwa ngeblog itu tetep aktifitas sharing paling enak di dunia digital, men. Iya okelah kita tambah ngevlog juga.

Jadi, bertepatan dengan awal tahun 2016, disela-sela kesibukan bermain dan pura-pura kerja, saya akan kembali berusaha melakukan aktifitas blogging, di blog yang baru, dengan judul yang baru, sambil mengajak dua sahabat saya untuk ambil bagian juga dalam resolusi tahun ini. Adira dengan Adiraoktaroza.com-nya dan Ilham dengan Ilhamfauzan.net-nya.  Harapannya cuma satu;

Semoga saya setia dengan yang satu ini,

Aamiin.

Leave a Reply